Di
Indonesia, Corolla DX adalah nama populer dari salah satu variasi Toyota
Corolla E70, yang merupakan generasi ke-empat dari produk Corolla.
Mobil
ini di rancang sebuah tim yang dipimpin oleh Fumio Agetsuma, sejak tahun 1974.
-
Memiliki
“nilai” yang lebih tinggi dibandngkan dengan uang yang dikeluarkan untuk
membeli mobil ini.
-
Sempurna
secara aerodinamika.
-
Memiliki
tingkat kenyamanan yang tinggi baik untuk pengendara maupun penumpang.
-
Memiliki
fitur-fitur yang lengkap serta sesuai dengan kebutuhan dimasa yang akan datang.
-
Desain yang
baru harus mencerminkan satu perubahan yang signifikan tetapi tetap mempertahankan
“image” Corolla yang telah terbentuk sebelumnya.
-
Mobil ini
harus dapat merefleksikan keinginan konsumen dan orang-orang yang telah biasa
menggunakan Corolla.
-
Target market
mobil ini adalah untuk semua golongan usia.
-
Harus dapat
digunakan di seluruh Wilayah dibelahan dunia manapun.
-
Corolla telah
menjadi satu ikon, dan desain baruini harus dapat mempertahankan prestasi
tersebut.
-
Inti dari
semuanya adalah Corolla harus menjadi mobil yang menyenangkan dan dapat
diterima oleh masyarakat di seluruh dunia.
Hasilnya, adalah sebuah desain yang
benar-benar baru, dengan bentuk kotak persegi. Mobil ini diberi kode produksi
E70, dan dirilis untuk pertama kalinya di jepang pada tahun 1979 dengan
beberapa model yaitu sedan 2 dan 4 pintu, hardtop, cope, liftback, Station
Wagon dan Van.
Nantinya
Corolla E70 menjadi model Corolla terpopuler sepanjang sejarah. Pada tahun
1980, produksinya mencapai jumlah tertinggi sepanjang masa yaitu rata-rata
2.346 unit perhari.
Dari
sisi teknis E70 adalah model Corolla terakhir yang menggunakan penggerak roda
belakang dan model pertama yang menggunakan power steering.
Mesin
Standar yang digunakan tetap mengandalkan mesin OHV (Overhead Valve) tipe 4K,
walaupun ada pilihan lain seperti mesin seri 3T dengan kapasitas 1,8L. Khusunya
untuk pemasaran di negara Jepang (JDM =japan Domestik Market), pilihan mesinnya
lebih banyak yaitu :
1. 4K-U 1,3L
(1290 cc)l4, 8-valve Pushrod, carb,74 hp (55kW)
2. 5K-C 1,5L
(1495 cc)l4, 8-valve Pushrod, carb
3. 3A-U 1,5L
(1490 cc)l4, 8-valve SOHC, carb, 80 hp (60kW)
4. 2T-GEU 1,6L
(1587 cc)l4, 8-valve DOHC, EFI, 115 hp (86kW)
sedangkan
untuk pemasaran di Amerika, pilihan mesinnya adalah :
1. 2T-C (1600 cc)
2. 3T-C (1800 cc)
Pengembangan
mesin untuk Corolla E70 baru dimulai pada tahun 1983, dengan mesin generasi
baru yang diberi kode 4A-C.
Mesin
ini mempunyai kapasitas 1.6L (1587 cc/96 in3), dengan kepala silinder terbuat
dari bahan alumunium. Walaupun berat dan Ukurannya lebih besar dari pada mesin
tipe “K” dan “T”, mesin ini memiliki performa yang lebih baik.
Mesin
ini adalah tipe mesin terakhir Corolla yang masih menggunakan “pushroad”
(batang), yaitu jenis mesin piston yang menempatkan camshaft dalam blok
silinder dan menggunakan batang untuk menjalakan “rocker arms” diatas kepala
silinder untuk mendorong klep/katup.
Pengangkat
(tappets) mesin jenis ini berada dalam blok mesin, diantara camshaft dan
pushrods. Nantinya untuk menghindari penggunaan pushroad, dikembangkan desain
mesin yang menempatkan camshaft di kepala silinder, yang disehut Overhead
Camshaft (OHC).
Mesin
tipe 4-AC juga masih menggunakan kepala silinder yang terbuat dari besi.
Setelah mesin generasi ini, toyota lebih fokus untuk membuat mesin dengan
kepala silinder yang terbuat dari bahan alumunium.
Perbedaan
lain E70 dengan Corolla tipe sebelumnya (kecuali Station Wagon) adalah pada
bagian suspensi yang menggunakan “coil spring 5 link rear end” dengan “track
bar”, dengan ukuran wheelbase yang lebih panjang 94.5 in (2400 mm). Selain itu
pada corolla E70 juga telah dilengkapi dengan power steering.
Produk
Corolla E70 sedan, dihentikan tahun 1984, sedangkan versi station wagon dan van
tetap ditawarkan sampai dengan 1987. Selama periode tersebut, ada beberapa
perubahan kecil (facelift) yang dilakukan yaitu :
-
Pada Corolla
E70 produk tahun 1979-1980, menggunakan 4 buah headlamp dengan model bulat
dengan bumper stainless.
-
Untuk produk
tahun 1981 menggunakan dua headlamp dengan bentuk persegi, dan bumper
stainless.
-
Produk Corolla
tahun 1982 ditambah panel RPM menggunakan wraparound headlight, lampu belakang,
lampu sein (lebar kesamping) dan bumper model baru. Pada beberapa model,
menggunakan bumper menggunakan karet.
Di
Indonesia, Corolla DX dipasarkan dari tahun 1980 hingga tanhun 1983. seluruhnya
hanyalah varian sedan 4 pintu, yang menggunakan mesin 4K, dengan kapasitas
bermesin 1300 cc. Perbedaannya hanya pada fitur dan perlrngkapannya, sesuai
dengan tahun produksinya yaitu :
-
Produksi tahun
1980, menggunakan 4 buah lampu depan (headlamp) berbentuk bulat dengan bemper
yang masih menggunakan besi dengan karet di kedua ujungnya.
-
Produksi tahun
1981 headlamp nya telah diganti dengan model kotak.
-
Produksi tahu
1982, dilengkapi dengqn lampu sein depan yang melebar kesamping dan lampu
belakang didisain baru.
-
Produksi tahun
1983 mendapat tambahan perlrngkapan berupa tachometer dan bumper urethane
berukuran panjang.
SUMBER
Wikipedia.org
Blognyamitra.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar